Thursday, March 1, 2012

Mengimplementasikan Kecerdasan Buatan didalam Pesawat tanpa awak (Unmanned Aerial Vehicle / UAV)

Bidang Pertahanan dan Keamanan

Pesawat tanpa awak (Unmanned Aerial Vehicle / UAV) adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh oleh pilot atau mampu mengendalikan dirinya sendiri, menggunakan hukum aerodinamika untuk mengangkat dirinya, bisa digunakan kembali dan mampu membawa muatan baik senjata maupun muatan lainnya. Pesawat tanpa awak ini menggunakan perangkat yang telah mengimplementasikan kecerdasan buatan di dalamnya. Penggunaan terbesar dari pesawat tanpa awak ini adalah dibidang militer. Rudal walaupun mempunyai kesamaan tapi tetap dianggap berbeda dengan pesawat tanpa awak karena rudal tidak bisa digunakan kembali dan rudal adalah senjata itu sendiri.

Pesawat tanpa awak memliki bentuk, ukuran, konfigurasi dan karakter yang bervariasi. Sejarah pesawat tanpa awak adalah Drone, pesawat tanpa awak yang digunakan sebagai sasaran tembak. Perkembangan kontrol otomatis membuat pesawat sasaran tembak yang sederhana mampu berubah menjadi pesawat tanpa awak yang kompleks dan rumit. Kontrol pesawat tanpa awak ada dua variasi utama, variasi pertama yaitu dikontrol melalui pengendali jarak jauh dan variasi kedua adalah pesawat yang terbang secara mandiri berdasarkan program yang dimasukan kedalam pesawat sebelum terbang.

Sistem pakar dalam pesawat tanpa awak ini menggunakan basis pengetahuan yang berasal dari para pilot ahli dan digunakan untuk mengambil sebuah keputusan suatu penerbangan yang akan dijalankan pesawat tersebut. Selanjutnya setiap aktivitas dalam penggunaan sistem pakar disimpan sebagai data elektronik dalam pesawat tanpa awak ini.

Saat ini, pesawat tanpa awak mampu melakukan misi pengintaian dan penyerangan. Walaupun banyak laporan mengatakan bahwa banyak serangan pesawat tanpa awak yang berhasil tetapi pesawat tanpa awak mempunyai reputasi untuk menyerang secara berlebihan atau menyerang target yang salah.
Pesawat tanpa awak juga semakin banyak digunakan karena banyak manfaatnya yaitu untuk keperluan sipil (non militer) seperti pemadam kebakaran , keamanan non militer atau pemeriksaan jalur pemipaan. Pesawat tanpa awak sering melakukan tugas yang dianggap terlalu kotor dan terlalu berbahaya utnuk pesawat berawak.

No comments:

Post a Comment

 
Design by Ariema Babycorn