Saturday, April 14, 2012

MIKROKONTROLLER PIC16F84

Mikrokontroler adalah suatu alat elektronika digital yang mempunyai masukan dan keluaran serta kendali dengan program yang bisa ditulis dan dihapus dengan cara khusus.

PIC16F84A merupakan mikrokontroler dari keluarga PICmicro buatan Microchip Inc dan merupakan mikrokontroler 8 bit dengan arsitektur Harvard. Adanya arsitektur Harvard memungkinkan program dan data disimpan dalam memori yang berbeda dan ini akan membuat kerja mikrokontroler lebih efisien dan perintah yang dimiliki lebih sedikit.


Instruksi yang dimiliki oleh mikrokontroler PIC16F84A hanya 35 buah, sehingga mikrokontroler ini termasuk dalam golongan RISC (Reduced Instruction Set Computer). Mikrokontroler RISC melaksanakan perintah lebih cepat daripada alat CISC (Complex Instruction Set Computer).



Struktur umum PIC16F84
  1. Program memory  (FLASH) untuk menyimpan program yang ditulis. Sejak memori dibuat dalam teknologi FLASH mikrokontroler ini dapat diprogram dan dihapus lebih dari sekali, itu membuat mikrokontroler ini cocok untuk pengembangan perangkat.
  2. EEPROM adalah data memori yang perlu disimpan ketika tidak ada suplai. Hal ini biasanya digunakan untuk menyimpan data penting yang tidak boleh hilang jika listrik tiba-tiba berhenti. Sebagai contoh, salah satu data tersebut berupa suhu yang ditugaskan di pengatur suhu. Jika selama kehilangan power supply data ini telah hilang, maka kita harus membuat penyesuaian sekali lagi pada saat power kembali menyala.
  3. RAM adalah data memori yang digunakan oleh sebuah program selama pelaksanaannya. Dalam RAM disimpan semua-hasil operasi atau data sementara  pada saat run-time.
  4. PORTA dan PORTB adalah koneksi fisik antara mikrokontroler dan dunia luar (perangkat lain berupa input/output). Port A memiliki lima pin, dan port B memiliki delapan pin.
  5. FREE-RUN TIMER adalah sebuah register 8-bit di dalam mikrokontroler yang bekerja secara independen dari program ini. Pada setiap clock osilator keempat akan bertambah sampai mencapai maksimum (255), dan kemudian mulai menghitung lagi dari nol. Seperti kita ketahui waktu yang tepat antara setiap dua increment isi timer, timer dapat digunakan untuk mengukur waktu yang sangat berguna dengan beberapa perangkat.
  6. CENTRAL PROCESSING UNIT (CPU) memiliki peran elemen penghubung antara blok lainnya dalam mikrokontroler. berfungsi mengkoordinasikan dan menghubungkan antar tiap blok dan mengeksekusi program pengguna.

PIC16F84 memiliki memori program sebesar 1024 word, RAM sebesar 68 byte dan EEPROM sebesar 64 byte. Setiap word memori program lebarnya 14 bit, digunakan untuk menyimpan opcode dan operand sedangkan setiap byte RAM dan EEPROM lebarnya 8 bit. Memori program PIC16F84 berjenis memori flash, secara teoritis dapat dihapus dan diprogram ulang hingga 10 ribu kali dan EEPROM nya dapat dihapus dan ditulis ulang hingga 10 juta kali. Hal ini membuat PIC16F84 cocok untuk penelitian, pengembangan program maupun aplikasi terapan.

PIC16F84 memiliki total 18 pin. Hal ini paling sering ditemukan dalam jenis DIP18 , tetapi juga dapat ditemukan dalam SMD yang lebih kecil dari DIP. DIP adalah singkatan untuk Dual Inline Package. SMD adalah singkatan untuk Surface Mount Device yang menunjukan jenis paket komponen.



Pin pada mikrokontroler PIC16F84 memiliki arti berikut:
Pin no.1 RA2 Kedua pada port A. Tidak memiliki fungsi tambahan
Pin no.2 Ketiga RA3 pada port A. Tidak memiliki fungsi tambahan.
Pin no.3 RA4 Keempat pada port A. Tock 1 yang berfungsi sebagai timer juga ditemukan pada pin ini
Pin no.4 MCLR Reset input dan tegangan Vpp pemrograman mikrokontroler
Pin no. 5 Vss Ground pasokan listrik.
Pin no.6 RB0 Zero pin pada port input B. Interrupt adalah fungsi tambahan.
Pin no.7 RB1 Pertama pin pada port B. tanpa fungsi tambahan.
Pin no. 8 RB2 Kedua pin pada port B. tanpa fungsi tambahan.
Pin no.9 Ketiga RB3 pada port B. tanpa fungsi tambahan.
Pin no.10 RB4 Keempat pada port B. tanpa fungsi tambahan.
Pin no.11 RB5 Kelima pin pada port B. tanpa fungsi tambahan.
Pin no.12 RB6 Keenam pin pada port line B. 'Clock' dalam mode program.
Pin no. 13 RB7 pin Ketujuh on line B. port 'Data' dalam mode program.
Pin no.14 Vdd pasokan listrik kutub Positif.
Pin no.15 OSC2 ditugaskan untuk menghubungkan dengan sebuah osilator
Pin No.16 OSC1 ditugaskan untuk menghubungkan dengan sebuah osilator
Pin No.17 RA0 Kedua di A. port tanpa fungsi tambahan
Pin No.18 RA1 Pertama pin pada port A. tanpa fungsi tambahan.

No comments:

Post a Comment

 
Design by Ariema Babycorn